Daryantoassignment_ind 03/05/2019date_range

Kali Linux Cocok Untuk Pemula

Apakah Kali Linux cocok untuk seorang pemula?, Kali Linux adalah salah satu distribusi sistem operasi GNU/Linux yang mana merupakan turunan dari distribusi sistem operasi GNU/Linux lainnya yakni Debian lebih tepatnya Debian (Testing/Unstable). Kali Linux merupakan penerus distro yang lebih dikenal dengan nama Backtrack, Project Backtrak dihentikan pada versi 5.0 dan dikembangkan lagi dengan nama lain yaitu Kali Linux, seperti pendahulunya Kali Linux diarahkan untuk professional penetration testing dan audit keamanan. Dengan demikian, beberapa perubahan inti telah diimplementasikan kedalam Kali Linux yang mencerminkan kebutuhan sebagai berikut ini:

* Single user, didesain dengan akses root, karena sifat dari audit keamanan, Kali Linux didesain untuk digunakan dalam “single / root user”.

* Servis network dinonaktifikan, Kali Linux menonaktifkan servis network secara default.

* Modifikasi kernel Linux, Kali Linux menggunakan suatu upstream kernel, yang sudah dipatch untuk keperluan wireless injection.

Apakah Kali Linux Tepat untuk Anda ?, berikut kutipan dari developer Kali Linux itu sendiri :

“Sebagai developer distro, salah satu harapan kami untuk merekomendasikan bahwa semua orang menggunakan Kali Linux. Kenyataan dari hal ini adalah bahwa Kali merupakan suatu distro Linux yang secara khusus di arahkan untuk professional penetration testing dan audit keamanan, dengan demikian Kali Linux BUKAN suatu rekomendasi distro untuk mereka yang tidak familiar dengan Linux.

Selain itu, penyalahgunaan tools keamanan dalam jaringan anda, terutama tanpa izin, dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dan mengakibatkan konsekuensi yang signifikan.”


Jika anda mencari sebuah distribusi GNU/Linux untuk mempelajari dasar-dasar GNU/Linux dan membutuhkan titik awal yang baik, Kali Linux bukanlah distribusi yang ideal untuk anda. Anda dapat memulai dengan Ubuntu atau Debian sebagai gantinya, dan ada juga distribusi GNU/Linux asli dari Indonesia contohnya ada Blankon, IGOS Nusantara, Grombyang OS, XentaOS, TeaLinux, dan masih ada banyak lagi varian distribusi GNU/Linux yang mudah untuk digunakan , untuk update mengenai distribusi GNU/Linux dapat mengakses langsung situs Distrowatch.com,situs tersebut sangat lengkap mengenai distribusi GNU/Linux. Saat artikel ini ditulis Manjaro menempati posisi pertama yang paling banyak digunakan pada 6 bulan terakhir ini.